Sekapur Sirih

KATA PENGANTAR

             Keberhasilan program pembangunan selalu dilandasi oleh perencanaan yang mantap, untuk itu harus ditunjang dengan data statistik yang objektif dan akurat. Terdorong akan kebutuhan tersebut, maka diperlukan penghimpunan data statistik yang lengkap dan terpercaya. Hal ini akan sangat berharga bagi segenap instansi pemerintah maupun swasta dalam menentukan dan menetapkan arah kebijakannya.

Penerbitan Profil Kecamatan Sungai Mandau Tahun 2017 ini dapat pula dijadikan sumber dalam pengawasan dan pengevaluasian terhadap hasil pembangunan yang telah dicapai. Karena itu kita semua berharap agar penerbitan Profil Kecamatan ini dapat secara teratur dan terus-menerus diterbitkan.

Akhirnya saya ingin menekankan perlunya kerja sama dan uluran tangan dari berbagai instansi pemerintah maupun swasta di daerah ini, dalam usaha bersama untuk menyajikan data statistik yang baik dan terpercaya. Atas partisipasi semua pihak dalam terwujudnya publikasi ini diucapkan terima kasih, semoga bermanfaat untuk menunjang keberhasilan pembangunan di daerah ini

 

Sungai Mandau,                          2017

CAMAT SUNGAI MANDAU

 

NOVENDRA KASMARA, S.STP, M.Si                                     Pembina Tk. I                                                                       NIP. 19801119 200112 1 003

  1. LETAK

 Kecamatan Sungai Mandau terletak antara : 0043’-1016’ Lintang Utara 101034’-101059’ Bujur Timur

  1. BATAS

 Kecamatan Sungai Mandau berbatasan dengan :

  • UTARA : Kabupaten Bengkalis
  • SELATAN : Kecamatan Koto Gasib, Kecamatan Tualang
  • BARAT : Kecamatan Minas, Kecamatan Kandis
  • TIMUR : Kecamatan Siak
  1. GEOLOGI

Wilayah kecamatan Sungai Mandau seperti pada umumnya wilayah Kabupaten Siak terdiri dari dataran rendah dengan struktur tanah pada umumnya terdiri dari tanah podsolik merah kuning dari batuan dan aluvial serta tanah organosol dan gley humus dalam bentuk rawa-rawa atau tanah basah.

Kecamatan Sungai Mandau secara umum berada pada daerah aliran Sungai Mandau dengan sebagian besar wilayahnya merupakan dataran rendah dengan rawa-rawa, umumnya hubungan transportasi antar daerah melalui jalan sungai sehingga perkembangan ekonomi berjalan lambat akibat sulit dan mahalnya transportasi.

Dengan telah diresmikannya jembatan Sungai Mandau, maka secara perlahan tapi pasti isolasi wilayah Kecamatan Sungai Mandau mulai terbuka. Jembatan tersebut menghubungkan Muara Kelantan sebagai ibukota kecamatan dengan Perawang Kecamatan Tualang yang berstatus kota sehingga diharapkan dengan terbukanya jalan dan transportasi darat yang lebih mudah, pembangunan di wilayah Kecamatan Sungai Mandau dapat dipacu lagi sehingga bisa mengejar ketertinggalan dari kecamatan lain.

KEPENDUDUKAN

Data statistik kependudukan dalam publikasi ini diambil dari kantor kecamatan berdasarkan hasil laporan registrasi penduduk setiap Desa/Kelurahan, sehingga diharapkan dapat memberikan gambaran keadaan jumlah dan komposisi penduduk di lapangan.

Disamping itu kegiatan pemeriksaan data secara berkala dan sekaligus pembinaan pelaksanaan registrasi penduduk sampai ke tingkat Desa/Kelurahan serta kedisiplinan penduduk itu sendiri sangat diperlukan dalam menjaga usaha guna mendapatkan data registrasi kependudukan yang lengkap, akurat dan dapat dipercaya sebagai dasar perencanaan pembangunan.

3.1 Penduduk dan Rumah tangga

Dari hasil registrasi penduduk di Kecamatan Sungai Mandau Per Maret 2017 sebanyak 7925 jiwa dengan jumlah laki-laki sebanyak 4070 jiwa dan perempuan sebanyak 3855 jiwa. Sedangkan jumlah Kepala keluarga sebanyak 1962 sehingga diperoleh penduduk per Kepala Keluarga adalah 4 .

3.2 Penyebaran Penduduk

Dari jumlah penduduk sebanyak 7629 jiwa tersebut dapat dilihat penyebaran serta persentase pada masing-masing Desa/Kelurahan sebagai berikut :

No Desa/Kelurahan Jumlah Penduduk Persentase
1. Lubuk Umbut 659 8.32%
2. Bencah Umbai 554 6.99%
3. Tasik Betung 801 10.11%
4. Teluk Lancang 259 3%
5. Sungai Selodang 1298 16%
6. Muara Kelantan 1212 15%
7. Lubuk Jering 1220 15%
8. Muara Bungkal 833 11%
9. Olak 1089 14%
Kecamatan Sungai Mandau 7925 100%