Selayang Pandang

Sungai Mandau adalah sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Siak. Kecamatan dengan 9 desa ini, memiliki objek wisata yang juga layak dikunjungi. Diantaranya Kolam Tujuh di desa Olak. Tapi jika hendak memasuki Kolam Tujuh, pengunjung harus membawa masyarakat setempat yang paham akan Kolam Tujuh. Konon katanya di Kolam tersebut masih banyak terdapat hal-hal mistis.

ketika berkunjung ke Sungai Mandau, Pengunjung juga bisa mengunjungi Kolam Hijau yang merupakan kolam bekas galian, yang terletak di desa Lubuk Jering. Selain itu, di Sungai Mandau telah didirikan Pesantren Gontor. Pusat kecamatan Sungai Mandau terletak di Desa Muara Kelantan.

Di Sungai Mandau juga banyak terdapat madu. Selain itu, ikan Tapah juga terkenal disana.

Mayoritas masyarakat disana yaitu bersuku Melayu.

  1. LETAK

 Kecamatan Sungai Mandau terletak antara : 0043’-1016’ Lintang Utara 101034’-101059’ Bujur Timur

  1. BATAS

 Kecamatan Sungai Mandau berbatasan dengan :

  • UTARA : Kabupaten Bengkalis
  • SELATAN : Kecamatan Koto Gasib, Kecamatan Tualang
  • BARAT : Kecamatan Minas, Kecamatan Kandis
  • TIMUR : Kecamatan Siak
  1. GEOLOGI

Wilayah kecamatan Sungai Mandau seperti pada umumnya wilayah Kabupaten Siak terdiri dari dataran rendah dengan struktur tanah pada umumnya terdiri dari tanah podsolik merah kuning dari batuan dan aluvial serta tanah organosol dan gley humus dalam bentuk rawa-rawa atau tanah basah.

Kecamatan Sungai Mandau secara umum berada pada daerah aliran Sungai Mandau dengan sebagian besar wilayahnya merupakan dataran rendah dengan rawa-rawa, umumnya hubungan transportasi antar daerah melalui jalan sungai sehingga perkembangan ekonomi berjalan lambat akibat sulit dan mahalnya transportasi.

Dengan telah diresmikannya jembatan Sungai Mandau, maka secara perlahan tapi pasti isolasi wilayah Kecamatan Sungai Mandau mulai terbuka. Jembatan tersebut menghubungkan Muara Kelantan sebagai ibukota kecamatan dengan Perawang Kecamatan Tualang yang berstatus kota sehingga diharapkan dengan terbukanya jalan dan transportasi darat yang lebih mudah, pembangunan di wilayah Kecamatan Sungai Mandau dapat dipacu lagi sehingga bisa mengejar ketertinggalan dari kecamatan lain.

KEPENDUDUKAN

Data statistik kependudukan dalam publikasi ini diambil dari kantor kecamatan berdasarkan hasil laporan registrasi penduduk setiap Desa/Kelurahan, sehingga diharapkan dapat memberikan gambaran keadaan jumlah dan komposisi penduduk di lapangan.

Disamping itu kegiatan pemeriksaan data secara berkala dan sekaligus pembinaan pelaksanaan registrasi penduduk sampai ke tingkat Desa/Kelurahan serta kedisiplinan penduduk itu sendiri sangat diperlukan dalam menjaga usaha guna mendapatkan data registrasi kependudukan yang lengkap, akurat dan dapat dipercaya sebagai dasar perencanaan pembangunan.

3.1 Penduduk dan Rumah tangga

Dari hasil registrasi penduduk di Kecamatan Sungai Mandau Per Maret 2017 sebanyak 7925 jiwa dengan jumlah laki-laki sebanyak 4070 jiwa dan perempuan sebanyak 3855 jiwa. Sedangkan jumlah Kepala keluarga sebanyak 1962 sehingga diperoleh penduduk per Kepala Keluarga adalah 4 .

3.2 Penyebaran Penduduk

Dari jumlah penduduk sebanyak 7629 jiwa tersebut dapat dilihat penyebaran serta persentase pada masing-masing Desa/Kelurahan sebagai berikut :

No Desa/Kelurahan Jumlah Penduduk Persentase
1. Lubuk Umbut 659 8.32%
2. Bencah Umbai 554 6.99%
3. Tasik Betung 801 10.11%
4. Teluk Lancang 259 3%
5. Sungai Selodang 1298 16%
6. Muara Kelantan 1212 15%
7. Lubuk Jering 1220 15%
8. Muara Bungkal 833 11%
9. Olak 1089 14%
Kecamatan Sungai Mandau 7925 100%
%d blogger menyukai ini: